Perbedaan PUBG dan Free Fire

Kini bermain game survival semakin mudah karena hanya dengan modal ponsel saja sudah bisa mendapatkan kepuasan yang tidak jauh berbeda dari game-game PC. Dua game yang menjadi perhatian adalah Free Fire dan PlayerUnknown’s Battlegrounds atau PUBG.

Untuk Free Fire, mereka meluncurkan game Mobile battle royal ini pada tahun 2017, tepatnya di bulan Desember. Sedanhkan PUBG merupakan game yang sudah hadir di PC sejak tahun 2017 bulan Maret dan meluncurkan versi Mobile-nya pada bulan februari 2018.

Kedua game ini kerap kali membuat bingung pemain, karena fitur yang mereka miliki tidak jauh berbeda. Lantas, di antara keduanya manakah yang lebih baik?

Perbandingan Antara PUBG dan Free Fire

1.Gameplay

Pertama mari kita bahas gameplay dari kedua game ini. Untuk segi gameplay, mereka tidak terlalu memiliki perbedaan. Dimulai dari mengumpulkan player, sampai menurunkan mereka dari pesawat ke sebuah pulau.

Saat sudah turun dari pesawat dengan bantuan parasut, kemudian mereka diharuskan untuk mencari senjata sebagai persiapan melakukan pertempuran dengan musuh. Para player saling berusaha untuk berlari menuju ke zona aman yang setiap menit akan semakin menyempit.

Yang membedakan pada dua game ini, terletak pada jumlah pemain yang ditampung. PUBG dapat menampung hingga 120 pemain, sedangkan Free Fire hanya bisa sampai 50 pemain saja.

2.MAP

Untuk masalah Map, mungkin PUBG lebih unggul jika dibandingkan dengan Free Fire. Ini karena pada PUBG, para pemain lebih dapat melakukan eksplorasi tempat dan tidak banyak musuh yang bisa berdekatan dengan kita.

Tetapi Map yang besar akan sulit ketika zona mengecil dan kita berada jauh dari titik aman. Maka mau tidak mau mencari kendaraan untuk bisa mendekati saf zone tanpa harus terkena Shrinking Iine.

3.Game Server

Kedua game ini merupakan game dengan basis Online, sehingga sudah pasti membutuhkan koneksi jaringan. Untuk persoalan ini, Free Fire lebih unggul karena mereka memiliki server tersendiri di Indonesia. Sedangkan PUBG masih dengan basis benua. Karena sistem yang digunakan sudah lokal, membuat permainan menjadi lebih lancar dan stabil.

4. Mode

Pada mode gameplay yang kedua game ini miliki, tidak jauh berbeda. Yaitu terdapat mode solo pemain, yang bermain sendiri tanpa bersama dengan tim dan player muncul di dalam battle merupakan lawan. Sedangkan mode Doo merupakan pemain yang bermain berdua bersama dengan teman. Lalu ada mode squad yang bisa dimainkan berempat bersama dengan teman satu tim melawan squad player lain.

Selain itu terdapat mode ranked yang setiap akhir dari permainan, akan menambah rangking dari para pemain.

5. Kualitas Grafis

Lalu bagaimanakah dengan kualitas grafis dari kedua game ini? Secara umum, jika dibandingkan kualitas grafis PUBG lebih unggul kalau dibandingkan dengan Free Fire. Tetapi untuk ponsel yang memiliki spesifikasi rendah, Free Fire lebih memiliki kualitas yang lebih baik. Pasalnya di ponsel yang spesifikasinya rendah, spesifikasi PUBG akan jauh menurun.

6. Kontrol Game dan fitur

Keunggulan lain yang dimiliki Free Fire berada pada kontrolnya yang tidak ribet ketika dimainkan. Sedangkan untuk PUBG mereka memiliki kontrol yang lebih menantang. Tidak ada auto AIM di dalam game PUBG layaknya yang ada di Free Fire.

Kelengkapan fitur cat dan voice chat di PUBG sangat membantu para pemain, sedangkan untuk di Free Fire masih terasa kurang maksimal.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi tentunya tidak mengurangi keseruan yang bisa didapatkan dari kedua game ini. Jika ingin memainkan game yang langsung sergap, Free Fire yang bisa dipilih. Sedangkan jika lebih menyukai taktik, silahkan coba bermain PUBG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *