Ikan Unik Ini Hanya ada di Maumere, loh!

Maumere, sebuah tempat yang berada di Nusa Tenggara Timur yang memiliki keindahan alam tiada habisnya. Setelah tsunami yang terjadi di tahun 1992, Maumere kini kembali tertata. Bahkan lokasi ini menjadi tempat untuk Diving terbaik yang ada di dunia. Banyak orang yang menyukai wisata bawah laut dan para fotografer mencoba untuk melihat sendiri seindah apa Maumere.

Selain keindahannya, Maumere memiliki biota laut yang tidak bisa ditemui di tempat – tempat lainnya, loh. Berikut ini adalah sejulah biota laut unik dan menarik yang hanya bisa ditemukan di taman laut Maumere.

Biota Laut Menarik Maumere

1.Hingebeak Shrimp (Rynchocinetes Durbanensis)

Yang pertama ada Hingebeak Shrimp, udang yang memiliki warna kemerahan dan bercampur dengan putih bening. Uliran putih yang berada dalam tubuh udang ini tampak menyala di dalam kegelapan. Pada bagian kepala, menggembung dengan ukuran yang lebih besar dari pada bagian badannya.

Pada mulut Hingebeak Shrimp ini, terbentuk seperti paruh dan matanya berwarna hijau dengan bola hitam yang berada pada bagian tengahnya.

2.Damselfish (Pomacentrus Sp)

Damselfish adalah ikan yang memiliki warna biru cerah dengan siripnya yang berwarna kuning kehijauan. Bagian biru yang berada pada tubuhnya ini hampir merata ke seluruh tubuhnya, bahkan dari kepala hingga ke bola matanya.

Di dalam kegelapan, warna biru Damselfish akan tampak menyala dan terdapat bintik – bintik hitam seperti corak yang berada pada bagian insang sampai ke mulut.

3. Ocellated tozeuma shrimp (Tozeuma lanceolatum)

Tidak seperti jenis udang pada umumnya, bentuk badan dari Ocellated Tozeuma Shrimp memanjang seperti jarum. Bagian mulutnya runcing menyerupai tombak dan mirip dengan Sailfish. Warna dari udang ini bening dan memiliki garis oranye yang membentang dari bagian ekor sampai pada ujung mulut udang ini.

4.Pencil Squid (Sepioteuthis Lessoniana)

Berikutnya ada cumi-cumi – cumi-cumi yang memiliki rona neon yaitu warna pada bagian tubuhnya, biru, kuning, hijau, dan juga cokelat keemasan. Bintik yang ada pada ikan ini berbentuk seperti pola. Bola mata cumi-cumi ini lebih lebar jika dibandingkan dengan bola mata cumi-cumi biasanya. Selain itu pada sekitar lingkaran mata, Pencil Squid memiliki titik-titik cokelat keemasan.

5.Lionfish (pterois voltans)

Kelima ada ikan Lionfish yang juga biasa disebut sebagai ikan Lepu. Lepu dikenal sebagai ikan beracun dan merupakan spesies predator. Ikan ini memiliki duri yang panjang dengan warna percampuran antara merah, cokelat, oranye, kuning, dan juga warna hitam putih yang berselang – seling. Dengan siripnya, Lepu dapat menyerang buruannya.

6. Nudibranch (fryeria)

Siput air bernama Nudibranch ini memiliki badan yang lunak, sama seperti siput yang ada di darat. Nudribanch sendiri memiliki kepala yang bertentakel dan dikenal sangat sensitif dengan rasa, bau, dan sentuhan. Ada antena yang dimiliki Nudibranch yang tampak seperti kuda poni. Warna siput air ini adalah kuning dan membentuk uliran.

7.Halgerda Nudibranch

Terakhir ada siput bernama Halgerda yang merupakan jenis siput laut tanpa kulit dan sudah termasuk biota langka. Persebarannya terbatas di wilayah Indo Pasifik di bagian barat. Warna yang ada pada siput ini tampak menarik, antara warna putih, oranye, dan biru terang.

Nah, itu tadi adalah beberapa biota laut yang berada di perairan Maumere. Jika penasaran dengan ikan – ikan tersebut, yuk kita ke Maumere dan diving di tempat yang memiliki keindahan laut tanpa batas ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *